SISTEM MAJEMEN DATABASE


RANGKUMAN SISTEM MANAJEMEN DATABASE
ü  Basis Data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
ü  Manajemen data merupakan bagian dari manajemen sumber daya informasi
ü  Basis data dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
ü  Data definition Language (DDL) adalah satu paket DBMS yang berguna melakukan spesifikasi terhadap skema basis data Cth : create table, create index, alter dan drop database Atau perintah untuk memanipulasi struktur basis data
ü  Data Manipulation Language (DML) adalah suatu paket DBMS ynag memperbolehkan pemakai untuk mengakses/ memanipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat Cth : Select, update, inseert, delete Atau perintah untuk memanipulasi isi dari basis data.
ü  Abstraksi data merupakan tingkatan-tingkatan pengguna dalam memandang bagaimana sebenarnya data diolah dalam sebuah sistem  database sehingga menyerupai kondisi yang sebenarnya dihadapi oleh pengguna sehari-hari.
ü  Abstraksi pada DBMS terbagi kedalam beberapa level diantaranya:
o   Level Phisik yaitu level yang paling rendah dan digunakan oleh programmer untuk melakukan pemrograman dengan menggunakan database dan DBMS tertentu sesuai dengan kebutuhan end-user
o   Level Konseptual yaitu level lebih tinggi dan digunakan oleh database admministrator yang memutuskan informasi apa yang akan dipelihara dalam satu database.
o   Level Pandangan Pemakai (View Level) yaitu level yang tertinggi digunakan oleh pemakai akhir atau end-user.
ü  Query adalah permintaan informasi dari database
ü  Query Language adalah bahsa khusus yang user frendly yang memungkinkan komputer menjawab query.
ü  Normalisasi adalah suatu proses untuk mengubah suatu tabel yang memiliki masalah tertentu ke dalam dua buah tabel atau lebih. Adapun Normalisasi terbagi ke dalam 3 bagian yaitu :
o   Normalisasi I adalah menghindari adanya data larik atau array pada atribut serta membuat potensi terjadinya redudancy (pengulangan), data dalam entitas kuat (tabel yang memiliki primary key.
o   Normalisasi II mempunyai ciri yaitu tiap entitas berada dalam normalisasi I dan tiap atribut entitas yang bukan key memiliki ketergantungan kepada primary keynya.
o   Normalisai III mempunyai ciri yaitu  tiap entitas berada dalam Normalisasi II dan tiap atribut yang bukan key tidak memiliki ketergantungan transitif terhadap primary keynya.
Relationship dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
o  One to One Relationship ( satu ke satu )
o  One to Many atau Many to One Relatinship ( satu ke banyak )
o  Many to Many (banyak ke satu )
Tujuh Langkahdalam DBMS :
o  Data manipulasi language (DML) menentukan DBMS
o  DBMS memeriksa skema dari subskema
o  DBMS meneruskan permintaan data ke sisten operasi
o  DBMS mengambil data dan memasukannya ke dalam area penyimpanan buffer khusus dalam penyimpanan primer.
o  Data ditransfer ke dalam area input program aplikasi
o  DBMS mengembalikan pengendalian ke program aplikasi
o  Program aplikasi menggunakan data.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Hapsoh Suhaeti © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes