SISTEM INFORMASI AKUNTANSI


SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

System Informasi Akuntansi (SIA) merupakan kumpulam sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya  kedalam informasi. Istilah system informasi berbasis-komputer merupakan suatu rangkaian perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasi data menjadi informasi yang berguna.Adapun tipe Sistem Informasi diantaranya yaitu : Sistem Pengolahan Elektronik (EDP), Sistem Pemrosesan Data (DP), Sistem Informasi Manajemen (SIM), Sistem Pendukung Keputusan (DSS), Sistem Pakar (ES), Sistem Informasi Ekskutif (EIS), dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Fungsi dari Sistem Informasi Adalah untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Tujuan tersebut dicapai dengan cara :  memprosesan transaksi yang timbul dari sumber ekstern dan sumber intern, Menyiapkan output seperti dokumen operasional atau laporan keuangan.  Daftar yang menguraikan semua rekening yang digunakan dalam perubahan laporan keuangan.
Input/Masukan dalam suatu proses transaksi adalah dokumen sumber yang dapat berupa formulir atau bukti transaksi lainnya. Siklus transaksi secara tradisional : siklus pendapatan, siklus pengeluaran, siklus produksi, dan siklus keuangan. Fungsi sistem informasi dengan gelar chief information officer (CIO) dan dewan penasihat (steering committee).
Teknik  system merupakan alat yang digunakan dalam analisis, desain dan dokumentasi system serta memahami kaitan antar-subsistem. Teknik system ini biasanya berupa diagram.
Flowchart merupakan teknik system yang sering digunakan, yang digunakan baik oleh auditor maupun oleh personel system. Tujuan flowchart untuk mengetahui setiap dokumen yang digunakan dalam setiap system aplikasi dan mengidentifikasi titik awal dokumen, distribusi dokumen serta titik akhir setiap dokumen.
Fungsi penting  yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain:
ü  Mengumpulkan dan menyimpandata tentang aktiva dan transaksi
ü  Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
ü  Melakukan control secara tepat terhadap asset organisasi

SIA terdiri dari 3 subsistem :
Sistem pemrosesan transaksi,Sistem buku besar/pelaporan keuangan, Sistem pelaporan manajemen.
Adapun penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) diantaranya : Sistem yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan, Dalam system informasi pembayaran (kepada pemasok), Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produk perusahaan, bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tertentu.
Peranan Sistem Informasi akuntansi yaitu Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya dalam menghasilkan barang/jasa, memperbaikii efisiensi, memperbaiki pengambilan keputusan, dan menciptakan keunggulan kompetitif





0 komentar:

Posting Komentar

 
Hapsoh Suhaeti © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes